happy second anniversary sahabatku..

Masih suka terasa capeknya kalo ingat 2 tahun yang lalu, masih kerasa pegalnya, dan masih selalu terbayang hari-hari itu. Hari dimana kesedihan dan kesenangan menyatu. Sedih karena akan ditinggal sahabat tetapi juga senang melihat kebahagiaannya. Masih ada sekilas catatan menjelang hari itu..

****

Kegiatan SOLMET menjelang detik-detik pernikahan Dewi :

17 Mei 2009 : Start dirumah Dewi, gue bawa majalah gambar baju kebaya sama pelaminan-pelaminannya, bawa contoh undangan, bawa diri, bawa baju, bawa jaket, selimut, tenda, persediaan makanan secukupnya, eh maw ngapain sih ini?. POKUS!!!

Leha2 bentar, sambil nungguin yaya, nonton2 bentar, sambil ngeliatin Ibu goreng kelapa sama pohon2nya. Yaya datang, bukannya langsung cabut malah narsis2an dulu, diranjang baru yang belum ternoda ituh. Wahaha, sebelum dinodain sama ERVIN DWI MANOHARA SUSENO, solmet dulu donk… Jadinya tuh Springbed yang baru dibeli, gue naikin langsung kempes. Waaaaa, gimana nih? Masa baru gue yang naikin udah kempes gituh, emangnya badanku ada jarumnya apa, atau jangan2 tuh springbed di kehidupan sebelumnya gue pernah aniayaya, makanya jadi gituh gue yang naikin. DASAR!!!

Perjuangan baru dimulai ketika solmet dalam perjalanan beli kain, nggak taw kenapa orang2 kok pada ngeliatin gue yah??? Terus kalo gue liatin balik malah senyum2in gue, gue ngaca dispion, ohhhh, pantesan gue cantik banget siiihhhh, aura kasih banget lah… DILARANG SIRIK!!!!

Nyampai dipandan sari, satu persatu toko kain Solmet masukin, mulai dari toko bahana banjar sari, bahana bughis sari, bahana jawa sari, bahana masni sari, looohhhh… Ujungnya beli kain sama anjingnya Dewi, toko bison. Beli kain sama bapak2 yang ngelayanin kita bak peri2 yang baru turun dari kahyangan, disuguhin minum, kue, dikasih bantal, guling, baru deh, disuruh ngangkat2 kain. Nasib. Pokonya intinya Dewi berhasil beli kain buat akad nikah, warnanya putih, pilihan gue ama yaya. Lewat depan gedung karang anyar, lagi ada pesta pernikahan, jadi minta tolong ama sepasang muda mudi (halah) buat shoot dekorasi didalam gedung. Terlihat walaupun gedungnya sempit tapi dekornya lumayan bagus, putih ijo gituh. Habis ituh ngafe di ruko Bandar, sampe kafenya tutup kita masih bertahan, nungguin sapa taw ada bule cakep maw ngelonin bowbow…


20 Mei 2009 : Nggak masuk kuliah, bertiga ke Hypermart buat nyari gaun putih untuk pemotretan keesokan harinya, kelilingin Hyper tapi nggak ada yang pas buat selera dewi, pindah ke bazaar, kekelandasan udah pada mau tutupan, ujung2nya makan coto makasar bareng mangunsong. Oh, iyya ada salam tuh dari ikan cupang di akuarium hyper, hemp, hampir diusir satpam lagi, HAMPIR. Gimana nggak, kita poto2 depan akuarium, sambil cekaka cekikikan mulu.

Besoknya baru dewi nyari diramayana bersama sang calon suami tercintah. sukanya deadline2 siiihhh.

30/31 Mei 2009 :
Konsep acara: Poto prawedding
Lokasi: Gunung Dubs, hutan dubs, pagar pertamina, pantai banua patra.
Model: Yang mau kawinlah!!!
Potograper: Bos
Koreograper: Yaya pesugihan
Produser, sutradara, kameramen merangkap segala2nya: Tiva fatimah keizer

Asyik poto2, kembali solmet berduka, dengan segala kerendahan hati, mohon maaf kepada pihak yang merasa dirugikan, maw bikin tumpeng rasanya. Untukl ketiga kalinya Solmet diusir dengan paksa oleh polisi penjaga pantai, eh penjaga jalanan kali yahhhh. Katanya “mbak, nggak boleh loh foto disini”. Nggak taw apa dia kalo yang mau merid artis besar, yang belum meledak. Kalo ketemu ama polisi ituh lagi, awas lohhhh. Citra solmet bisa ternoda nih kalo kayak gini terus, masa poto2 dikit, nggak boleh, kan, kan, kan, kita bayar pajak, nggak ngerusak, owhhh,…

8 Juni 2009 : Tadi hambis ngambil KTP, gw jemput mbing, nganterin dia ngukur kemben, waktu kita Cuma I jam, jadinya hari inih gue jadi pembalap deh, tapi jangan membayangkan hal yang luar biasa yawww,. Pembalap dalam konteks gue bukan pembalap yang sebenernya, tapi Cuma bawa motor dengan kecepatan yang sama kalo gue lagi nggak buru2, jadi intinya sih bukan jadi pembalap tapi Cuma bawa motor ala kadarnya doank. Hehehe… Waktu yang sempit ituh, di motor diisi dengan ketawaan –seperti biasa-. Nyampe tempat jait kemben Dewi ditanyain sizenya “32” jawab Dewi. Ampuuuunnn, kecilnya aaaiiii. Gue donk, big-big-big!!!! Tanding kah?...

Karena masih ada waktu setengah jam, pas banget depan penjait ada warnet, ehhheeehe, waktu harus dimaksimalkan sebagus mungkin euy. Cukuplah buat coment2 fb dulu, dikejar waktu, Cuma 20 menit. Habis ituh gue antar Dewi baik kerumah mamanya, eh, salah masih jam kantor, jadi gue antar dia kekilo 17, eh salah lagi, yang bener tuh kekisel kaliiii….

14 Juni 2009:

Hari ini bungkus2 keripik nih, eh bungkus seserahan.. Start nya tuh dari jam 10 pagi, yaya kerumah, terus kepandam sari tapi mampir dolow nemenin mama ke klandasan, liat2 tas. Beli kainnya nggak terlalu lama sih, pilih kain pun Cuma di dua toko jadi nggak terlalu bingung. Hasil pilihan bersama setelah melakukan voting se balikpapan selatan, diputuskan lah, kain yang dibeli berwana kuning emas kecoklat2an, permeternya lumayan murah Cuma 40 ribu rupiah.

Tinggal modelnya aja nih yang menentukan bagus atau tidaknya ituh kain. Mudahan bagus lah..

Nganterin mama sampe rumah, ngambil hace + laptop, sempet keilangan yaya, nungguin agak lama depan gang rumahku, terus pindah ketempat biasa janjian ama yaya. Uhhhh, sempet mikir “apa sifat pelupa yaya kambuh yah? Jadi nggak taw jalanan pulang, tadi depan sun-x gue sih ngeliat motornya parkir. Disms, ditelpon, nggak ada respon. Saking paniknya gue menghubungi rumah sakit jiwa terdekat, siapa taw yaya nyasar tuh keRSJ, hehe, pis ya!

Akhirnya setelah agak lama menunggu datanglah yaya dengan wajah penuh kelugua, ininih yang bikin gue selalu ngurut dada kalo tiba yaya datang dengan muka innocent 100%. Perjalanan pun dilanjutkan ke BDI, bungkus seserahan gue jadi bintangnya !!! Hahaha, dewi ama yaya jadi stuntman, pemeran pengganti. Hihi, tapi tetep jadi ijaaaahhhhh..

2 juli 2009, habis makan soto, pamit ngampus, ngeliat muka mbing rasanya gue nggak tega banget buat ninggalin, tapi mo gimana lagi. Bada sholat isya akad nikah dilaksanakan, walopun gue sama yaya nggak ada disamping lo, tapi hati kami selalu tertuju buat mbing. Habis uas, tancap gas kekarang jawa. Si masni ama si Ervin udah sah jadi suami istri, uhuy, senangnya pang ngeliat senyuman ituh. Dengan semangat 45 mbing menceritakan akad nikahnya yang kayak artis, menggebu2 banget, maklum pengalaman pertama (harus yang terakhir juga).

Selesai poto session diluar, dengan gaya formal, gaya bebas, gaya kupu2, gaya dada dan gaya masing2, terus masuk kamar penganten. Ceritaan, cekikikan, poto2-an lagi. Eh, mas potographernya dari arjuna foto, kirain dari arjuna mebel!!! Haha, gokil juga tuh masnya! Masa pas gue bilangin
“mas, jerawatnya dieditin yah?”
Dijawab dengan santei, “ nggak bisa diedit tapi diilangin”.
Bedanya apa coba?. Tapi makasih atas pujiannya bilangin gue pinter gaya, nggak taw dia… haha..

Oh, iyya, mas kameramennya yang tugas tempat widya juga, uhuy, senyumannya lucu joy, manis2 gimana gituhhhhh. Jadi bikin gregetan tuh bibir!! Huhu, pengen! Ssst, diem2 ajah, Cuma penyemangat 2 hari ajah ko!!! Hati gue masih terukir buat orang yang ada diseberang sana.

3 juli 2009, bapak tiba2 sakit panas dingin, urusan nginap menginap pun harus gue tiadakan, sory yah mbing! Selesai ujian, terbang kegedung, memantau perkembangan. Lucu rasanya, gedung yang sebelumnya kosong melompong, habis dihias jadi elegan! Wuuuu, keren, gaul!!! Perjuangan melawan dinginnya malam harus dikesampingkan buat nyari warnet, mo ngetik SATE, SOTO, MARTABAK BUGIS EH INDIA, nulis kayak gituh aja lamanya minta ampyun, gue yang ala kadarnya soal Mc. Words harus nyoba2in dulu buka EDIT, habis yaya katanya nggak ngerti pake 2003, uhhh malah repot nyari landscape nggak nemu2 dia. Untung ada hape, jadi bisa nanya dulu ama mbing, Dari tadi kek!

Nyampe rumah udah ada Dini sama bonyoknya, basa basi bentar, nyediain persiapan buat besok, kebaya, sandal, tas, ngecash hp, ngecash hc, bungkusin baju tidur pink buat dewi ( hampir lupa!). Gue harap tuh baju dipake dengan sebaik baiknya yahhhh!!! (apaan siiih).

4 Juli 2009, Karena nggak bisa ikutan nginap, jadi gue berani janji buat datang subuh, jam 5 teng, nggak taw kenapa penyakit insomnia gue muncul nggak ketulungan. Ampuuunnn dah, harus ngitung apalagi biar bisa tidur. Ngitung domba udah, kambing udah, sapi udah, ayam udah, nyamuk udah,arrrrgggghhh, kok malah saat yang harusnya tidur nyenyak biar pas acara jadi fresh malah nggak bisa tidur. Uwwwhhh, gara2 pengen banget cepat2 ayam berkokok jadi gini nih. Teyyydaak, gue pengen tiduuuur. Sampe jam 3 subuh, gue bolak balik buka pesbok, tutup pesbok, buka lagi, akhirnya bikin notes, dan terlelap juga euy…

Alarm si putih bangunin gue, terdengar suara hujan, membuat gue, Cuma bisa kembali ke bantal, smsan ama yaya (tumben, yaya mau balasin sms2 nggak penting gue!!!), manasin air buat mandi, sholat, langsung cabut jemput jeng thyna. Hampir aja gue mampir maling di BC, gue lupa pake jaket, kerasa banget dah dinginnya. Demi dahhhh.

Dijalan, gerimis udah mengiringi, nggak lupa doa biar jangan sampe ujan, tapi apa boleh buat, jam 7-an hujan mulai mengalir deras. Oh iyya, gue taw satu cara penangkal ujan lagi nih, bekas daleman mantennya dilempar ke atap. Hihi, kalo sampe kena orang gimana tuh yah?.
Kesibukan mulai terjadi, mba yanti udah datang, mba sri yang dandanin kita juga udah hadir. Yaya didandanin pertama, hasilnya cantiiiikk. Terus giliran erni, alfiah, thyna. Sedangkan gue asyik telpon2an ama Mbing yang lagi didandanin dalam kamar, gue mesti jemput winda ama dian yang lagi nunggu di gang melati. Sebelumnya nyari payung dolow, hujan lagi deres2nya.
Menikmati lama nggak main ujan, gue kembali teringat ke masa masa kecil dulu, duuuh, teman masa kecilku, tungguin yawww!!!

Puas menyusuri jalan setapak, tibalah saatnya gue didandanin. Hmp, melihat hasil dandanan mba sri, gue tertarik juga. Serasa jadi Muslimah pake kebaya berjilbab, cantik!!!
DILARANG SYIRIK LOH!!!
Sebagai bagian seksi sibug, didandanin aja gue masih noleh2 kalo lagi ada yang butuh perhatian, ada yang minta peniti diambilin, minta karet sayur gue cariin, minta dibikinin teh panas gue layanin, gantiin baju dibantuin, buka jaitan bajunya ibu dilakukan, ngangkat jas gue ladenin, tapi satu yang nggak bisa diganggu gugat, KENARSISAN gue harus tetap dilaksanakan!!! Hahaha… Sesibug apapun gue harus tetep eksis boooo.

Turun kebawah, penuh perjuangan, harus mengalahkan pobia gue. Kalo yaya takut sama kucing, dewi takut sama petir, gue takut gerimis!!! Mo gimana lagi? Harus dihadapi, jadinya turun kebawah tutupin kepala pake Koran itupun, tangan kanan megang jasnya mz Ervin yang gue kreasiin bungkus kompe merah, tangan kiri megangin tas gue yang beratnya 20 kilo. Turun kebawah, barang2 amanah dari mba yanti gue cari2in, kirain masih ketinggalan dirumah ternyata udah ama mas2 yang ngangkat. Bagus banget loh, tetangga2nya dewi, ibu2nya full ngurusin makanan, bapak2nya ngurusin angkat2, entah ituh ngangkatin kipas, makanan, kompor, piring, gelas, disuruh ngangkat kursi langsung dilaksanakan, kalo disuruh ngangkat mobil pasti bisa juga!!! Salute.

Nyampe gedung, ganti rok, ganti sendal, banyak yang bilang baju kebaya gue ma yaya cantik loh!!! Sypa dulu donk desainernya? Tivvvaaa… Terus yang pasti banyak juga yang bilang gue cantik!!! Nggak pa2 yah muji diri sendiri, menyenangkan hati bagian dari iman.
Ngatur2 mulai dari depan dulu, souvenir disiapkan, buku tamu di cek, tempat ampau diatur, 6 orang dayang2 dipersilahkan ketempat masing2, siap melaksanakan tugas. Jam 10-an masih gerimis, yang dateng baru keluarga2 dekat, sama tetangga yang jaga stand makanan, kameramen ditempat. Potoghraper rada telat, nungguin kamera dari bos, pas ketemu mas potonya bilang ginih,
“berubah yah?”
“Iyyyyaaa downk!!” dengan PEDE gue menjawab. Mangnya power rangers, bisa berubah segala!!!

Jam 11-an, satu persatu tamu mulai berdatangan, ujan udah berenti langit kembali cerah, makasih ya Allah… Dengan hujanmu Kau berkahi pernikahan hari ini.
Jam 12-an sampe jam 3 sore, kursi nggak pernah kosong bahkan saking ramenya, banyak yang makan berdiri, ALhamdullilah, tamunya banyak. Ini yang bikin gue nggak pernah capek ngeladenin tamu, (kalo kata yaya sih tenaga gue diforsir). Rasa cape ituh segera ilang kalo ngeliat kursi nggak ada yang kosong, walopun sempet panic juga ngeliatin banyak tamu yang berdiri. Kaki udah mulai pegel, highhells yang gue pake harus gue ganti sama sendal jepit yang gue temukan di meja penerima tamu, mata gue emang jeli! Pekerjaan gue menuntut gue bergerak cepat, nggak mungkin gue ngelayanin orang dengan make sendal tinggi yang nggak biasa gue pake, apalagi semua hal gue layanin, ngangkatin piring, gelas, ngatur kursi, mungut tissue, nganter kue ama minum, nanyain bumbu sate, minta kue, pokoknya yang bisa gue perhatiin nggak akan terlewatkan dah, gue nggak mau ada keluhan dari siapapun, apalagi dari mantennya.

Selalu bersemangat tiap ngeliat ada orang yang gue kenal datang, selalu menanti dan berharap ada oase kehidupan ditengah kerumunan orang ituh. Beberapa ada yang sempat menjadi incaran mata, lumayan buat penyegaran!!! Daripada suntuk ngeliatin si tina, hehe.
Ditengah kesibukan, gue masih inget buat ketawa2, sekedar ngelepas lelah, bikin ketawa temen2, godain yaya, ngatur2 yang mo poto, ngeliatin penganten yang sedang duduk bersanding, keren banget!!! Baru kali ini gue liat kalian serasi, sumpah, cocok banget! Ideal! Kata erni “ mukanya mz Ervin nggak seperti biasanya”. Berseri2, oh iyya gue lupa beli kacamata, mantennya pada nyilauin mata…

Hari yang begitu indah dan sangat cepat berlalu, gue masih pengen menyambut tamu, masih pengen minuman rasa melon, masih pengen nyomotin semangka, pengen mandangin penganten, masih pengen ngeliat ibu sama bapak dewi yang begitu cair (pemandangan didepan mata sangat indah, gue terharu ngeliatnya! Lo beruntung mbing walopun orang tua kandung lo berpisah tapi mereka masih bisa menyambung tali silaturahmi yang begitu erat, gue salut sama keempat orang tua ituh yang bergantian duduk berada disamping kanan lo). Masih pengen ngeliat lo kehausan pas suap2an, hihi.

Kadang suatu yang nggak diplanningkan ituh akan terasa jauh lebih mantap, kayak maz Ervin yang nyanyi lagu lawas sama lempar bunga, uhyuyyy, gue dapet yang pertama joyyyyyy… Maap kawan2!!! Pas nyanyi lagunya Ello selamat tinggal kasih gue paling suka ketika ada lirik yang dinyanyikan asalkan engkau tetap masni. Keyyyeeen! Eh, inget tuh kata bapak2 mcnya katanya harus saling menjaga dari sekarang sampai tua, jangan ntar pas tua istri jatoh malah dibilangin ‘mata tuh taroh dimana!!!’ Hihihi..

6 July 2009: Tengah malem gini gue lagi pengen banget nulis, mengeluarkan semua hal yang terus2an melintas dan terjadi beberapa hari ini. Hari- hari yang penuh penantian, sibug sana-sini, deadline yang macem2, akhirnya semua selesai, perfecto!!! Sekarang sisa capeknya aja lagi, ada bagusnya juga acara widya deketan ama mbing, jadi nggak usah capek 2 kali euy. Orang2 rumah udah pada tidur, gue masih pengen nulis, dan terus nulis, hal- hal indah yang terjadi pengen gue ungkapin semua, tapi nggak taw harus mulai darimana. Semua begitu indah sehingga gue nggak taw awal yang mana harus gue dahulukan.

Yang pertama dan yang paling utama, CONGRATS buat Masni endang sari dewi dan Ervin dwi susanto, duuuhhh, hepy terus yaw!!! Kehabisan kata nih gue, harus ngucapin kayak apa lagi, doanya yang baik2 ajalah pokoknya. Selain kalian dan Ortu, gue salah satu orang yang paling bahagia dengan pernikahan kalian, tak terhingga deh harus gue ibaratkan dengan apa luapan kebahagiaan gue. Makasih banget udah jadiin gue orang yang lo harapkan selalu dekat sama lo mbing. Gue SENENG!!!

Dari mulai gue taw kalo pernikahan ini akan berlangsung (hemp, rada lupa nih, kapan yah mbing bilang? Dimana? Gimana? Beneran gue lupa euy!!!). Bikin2 konsep acara, konsep undangan, baju akad, poto prawedding, hingga akhirnya acara berjalan dengan lancer, gue begitu menikmatinya. Yakin dah, gue bakalan kangen masa2 ituh, masa dimana mulut harus terkunci rapat dari para paparazzi, haha, success berat mengelabui para pencari berita. Masa dimana pergulatan hati antara pake jilbab atau nggak, nanya2 ke temen2 tapi bilangnya buat acara widya, huhuy, tertipu kalian. Masa jadi ojeg, nganterin ngukur kemben,pasangin payet ke baju akad, ke KUA,bungkus seserahan, ngebingkain mahar yang 207.2009 rupiah sampai berkali2 diulang hingga hasilnya berbentuk teratai merangkap matahari, belajar ngetik2 stempel, ngambilin sticker undangan, bagi2 undangan yang bikin anak2 pada heboh, syukuran sebelum acara,jengkel nggak bisa ikud akad padahal baju pink udah siap, sibug hari-H, ahhhh,,, gue bakal kangen banget!!!

****

Senyum-senyum sendiri, dan berkaca-kaca sendiri baca tulisanku. Heeemm, udah sekian acara wedding yang aku lalui, tapi pernikahan sahabat sendirilah yang paling berkesan. Aku pengen kalian juga ada disampingku nanti. Oh iyyaaa, ternyata lempar bunga dalam wedding itu nggak benar sama sekali, aku gag percaya !!!! Lempar bunganya Dewi waktu itu ada aku, yaya, tina, krisna, alfiah, erni, dll. Katanya yang dapat bucket bunga pertama adalah orang yang selanjutnya akan menyusul. Aku yang dapet pertama bunga itu, tapi buktinyaaaaa??? Erni, Tina, kemudian mba alfiah yang menikah..
Terakhir untuk tulisan kali ini, Dewi & Ervin, Mbing & Mbok, Bunda & Ayah, apapun panggilan kalian HAPPY ANNIVERSARY yang kedua.. selalu jaga kisah kalian, jaga ikrar kalian, dan jaga keluarga kalian.. Anniversary pertama seingatku kalian berhasil punya rumah mungil impian, yang kedua ini kalian punya Abim, semoga tahun-tahun berikutnya selalu ada rejeki halal.. Aminnn..

Komentar

Postingan Populer